Telur Angsa Tak Bernama

 Pada patung tersebut, ada yg bisa deskripsikan makna nya?


Sy bertanya pada salah satu siswa saya, ini patung apa ceritanya, sayang? Dia menjawab : "Gak tau". Oh gitu, oke, gapapa kalau belum tau... Boleh ibu amati lebih dekat? Dia mengangguk.

Lama saya amati..coba memahami anak ini membuat patung apa ya..

Lalu sy menebak, ibu tau, sepertinya ini cup cake ya? Atau bolu kukus? Jadi laper deh ibu..ihihi

Dia ketawa.. "bukan Bu, bukan kue bolu, itu patung telur", katanya.

Oh iya, pantesan..ini ibu juga mikirnya tadi, yang paling bawah ini spt bentuk sarang... Lalu, telurnya yg ini ya? Wih, bagus..
️👍

"Hehe, tapi telurnya jelek, bentuknya ga bagus, ga sempurna"

Oh gitu, gapapa, terlihat spt telur kok. Kata saya, sambil tetap mengamati.

Kalau begitu, ini telur apa? Telur ikan, telur burung, atau apa nie?

"Telur burung Bu..kan ada sarangnya" oh iya ya..ehehe...masa telur ikan di air ada sarang ya..

Oh iya bagus..
️ lalu setelah lama terdiam, sy bertanya lagi, telur burung apa ini?

"Itu telur dr burung yg itu loh, yg spt di film, warna putih..yg kejar2an sama kucing" oh, film Tom n Jery? Bukan, katanya. Lupa film nya judulnya apa. "Burung, yg sayapnya patah"

Oh gitu...



Lalu dia menceritakan film itu, "Burung itu di kucilkan sama burung lain". Burungnya laki2 apa perempuan? "Laki2 Bu".. oh laki2.. "di film itu juga ada bebek dua ekor, trus kucingnya kecebur air, oh ya Bu, Burung itu suka sama burung perempuan, tapi oleh bapaknya perempuan, ga boleh deket2, n ga dibolehin nikah. Tapi Krn burung itu bantuin bapaknya, pokonya ngelakuin apa yg bikin bapaknya seneng, akhirnya boleh ketemu sama burung perempuannya. Inspirasi telur ini dr film itu"

Oh iya, ini telur dr burung itu, gitu ya? "Iya Bu," oh ya, ini telurnya yg kegedean, apa sarangnya yg kekecilan? "Telur nya ga kegedean, memang Segede itu telurnya, cuma sarangnya aja yg kecil, sempit" owalah..pantesan... Yg bikin sarang ini siapa memangnya? "ibunya" oh jd ibunya si telur ini ya.. Kalau ada kesempatan, sarangnya mau di bentuk lebih lebar lagi ga, biar lebih luas? "Engga", memangnya ibunya kemana? "Mati" oh udah meninggal ya ibunya.., kasian sendirian.. ga mau ada telur lain, sodaranya gitu? "Engga" oh gitu, Oke..oke..imut ya telurnya..ibu suka..
️🤗, oh ya.. ini sarang n telur ini, tempatnya ceritanya dimana? "Di tebing yg tinggi" oh iya..di tebing tinggi yah....



Terus ini diatas telur ini apa? "Tadinya itu ga ada, cuma diliat2 kalau sarang n telur aja, terlalu polos, jadi aku buat topi untuk telur itu" yg bulet atasnya apa? "Ya itu topinya" oh ya..ibu pernah liat topi spt ini, lucu ya..mirip topi spt di dedek bayi? "Iya Bu, tapi Bu, inginnya sih ceritanya, telur ini d temuin sama anak kecil perempuan, terus di bawa ke rumahnya" oh iya ya..di bawa sama anak kecil perempuan..

Oh gitu, dibawa ke rumah sama anak kecil perempuan itu untuk di ceplok apa gimana? "Engga di ceplok Bu" oh gitu... Terus gmn? "Mau di tetaskan" oh iya.. jd bukan diceplok ya, tapi mau di tetaskan.... cara nya gmn? Pake inkubator, pake lampu penghangat atau diangetin di ketiak..ihihi ..(sambil bercanda) "hihi, engga Bu, tapi ya dierami" oh jadi spt induk burung ngerami telurnya ya? "Iya Bu, tapi ga berhasil..terus di selimutin, tapi tetep ga berhasil" oh gitu..waah...terus gmn dong, ini telurnya suatu saat bakal netes ga? "Iya bakal sie, ingin bisa terbang" oh gitu.... Kapan kira2 netesnya "ga tau Bu, masih lama" owalah.. berarti emang masih baru keluar dr perut ibunya? "Engga, telurnya udah lama juga keluar dr ibunya, tapi ya netesnya juga lama, ga tau kapan"... "Akhirnya sama anak kecil perempuan itu, dikasih topi, biar anget"


Oh gitu, disana ceritanya dingin ya? Di new York, "Bukan" apa di Tokyo, "Bukan" atau dmn? "Ga tau.." atau di negri entah berantah "iya Bu, pokonya bukan didunia ini"

Oh ya, ini bentuk burungnya nanti yg gmn? Apa kayak kolibri? "Ga tau Kolibri yg kayak gmn" Apa elang? "Bukan.. yg warna putih, ada sayap lebar, oh iya, angsa" owalah angsa.. "angsa bisa terbang ga sih Bu?" Bisa sayang, angsa suka bermigrasi di pergantian musim tertentu, keren Lo cerita angsa itu, "iya Bu, inginnya, nanti angsa ini bisa ketemu n kumpul lagi sama kawan-kawan nya" wah iya..bisa dong 🤗 ngomong2, nanti ini telur angsanya laki2 apa perempuan? "Laki2" oh laki2 ya... Siapa namanya? "Gak tau" oh gak tau, halo telur angsa yg namanya Gak Tau, semoga suatu saat nanti pelan2 bisa sampai netes, tumbuh n bisa terbang ya, bisa berkumpul sama teman2 mu yg lain... semangat ya.. telur angsa yang namanya gak tau.


Judul percakapan diatas adl "Telur Angsa yg Tidak (baca: Belum) Tahu Siapa Dirinya"

 

1. Di awal, bikin patung orang, knp dia hancurkan patung orang?
2. Knp memilih telur, dan di anggap telur itu jelek, bentuk ga bagus, ga sempurna?
3. Knp inspirasi filmnya hrs cerita ttg burung putih yg sayapnya patah? Diantara film2 lain..knp pilih cerita film yg itu?
4. Knp memilih sarangnya kecil dan sempit? Knp pas di tawari bisa di perlebar ga, di jawab ga bisa?
5. Knp di tawari di buat telur lain SBG teman atau sodara, ga mau?
6. Knp memilih ibu telur ini mati?
7. Knp milih tempat adanya burung ini ada di tebing tinggi?
8.knp memilih pake topi bayi? Knp g topi lain? Dr banyaknya jenis topi, knp hrs topi bayi yg dipilih?
9.knp punya keinginan ada anak kecil perempuan yg ambil telur itu? Katanya kan ini ada di tebing.. anak kecil perempuan sptnya sulit ke atas tebing tinggi. Dan ini katanya harapan kan ada anak kecil, sebenernya berarti anak kecil itu blm ada?
10. Dia berharap telur itu ga di ceplok, ingin di tetaskan.. knp caranya hrs spt di erami, di dudukin sama anak kecil itu, knp ga berhasil? Knp pake selimut juga ga berhasil?
12. Dia ingin bisa telur ini menetas dan terbang... Tp knp dia menyebutkan ga tau kapan bakal menetas?
13. Knp di sebutkan sebenarnya telur ini udah keluar dr perut ibu burung? Dan kenapa walau udah lama.. ga menetas2?
14. Knp memilih setting latar ceritanya di negri entah berantah, knp ga mau ada cerita SPT ini di dunia ini?
15. Knp milihnya angsa, di antara ratusan spesies burung yg ada?
16. Knp dia menanyakan, bentuk keraguan, apakah angsa itu bisa terbang atau tdk?
17. Dia ada keinginan suatu saat netes, bisa kumpul sama temen2 angsa lain.. disini, ada harapan... Knp ga di buat aja keputusan "ini telur akan menetas 3 hari lagi, dan berkumpul sama teman2 ya" kan ini cuma cerita padahal..bebas dia mewujudkan inginnya SPT apa, bahkan dlm cerita patung, dia masih menarasikan ini hanya keinginan harapan telur, belum terjadi, dan bukan fakta akan telur tersebut bisa terbang dan berkumpul sama teman2 nya.
18. Dia ingin sayap burung ini lebar, knp ingin yg lebar...?
19. Knp memilih telur ini jenis kelaminnya laki?
20. Knp bahkan untuk sekedar menetapkan nama pada telur, dia jawab g tau?


Untuk mejawab 20 pertanyaan tsb, ga bisa kita tanya alam sadar siswa sy ini..

Mungkin, dia akan buat mekanisme bertahan, alam bawah sadarnya ga akan dgn mudah mengizinkan alam sadar memberi jawaban dr 20 pertanyaan tsb secara gamblang.

Sy menduga, jawabannya bisa jadi... "Ga tau"

Sebenarnya alam bawah sadar itu tau maknanya, secara konkrit bagian dr detil cerita itu, menggambarkan pesan2 tersembunyi. Sy yg awam pun, sebenernya bisa menghubungkan data2 dr simbol2 cerita ttg patung ini, dgn kedirian siswa sy ini.

Tapi, sy juga bukan psikolog anak, bukan therapis, bukan betul2 profesional yg barang kali bisa menginterpretasikan makna valid akan patung telur tsb...maka siapa yg tau makna dr simbol2 dlm cerita patung ini? Ya siswa sy itu sendiri.

Untuk bisa satu titik anak tsb menyampaikan pesan tersirat dlm patung tanah liatnya, perlu pendekatan yg lebih lagi. Perlu lebih ada upaya connection dr kita. lumayan PR nya..
️ kalau siswa yg lain, ga banyak sarat makna yg terlalu kompleks, ya, tapi tetep semua pada bagus2 juga, unik2,...semisal dia bikin Olaf, bisa jd Krn dia suka film Frozen, ada yg bikin baso, Krn dia ingin jadi koki dan suka baso, dst...

Yg paling menarik perhatian sy, yg paling unik bagi sy, adl patung telur angsa tak bernama ini.


Comments

Popular posts from this blog

Kangen Uwa

Hobi Belanja

Penyaluran EMOSI