Pola Interaksi Rasional

 

okeh, jadi kesimpulan sementara ttg pola interaksi yg rasional ini, tahapannya adalah... 1. bab 1 timbul rasa suka/cinta awal (merasa kita tertarik pd ybs, mungkin alasannya bisa irrasional, krn matanya bagus kah, atau krn orangnya bijaksana kah, atau krn apa..terserah, namanya cinta kadang sulit di jelaskan pd awalnya) buat rumusan masalah, "apakah benar si X yg saya sukai/cintai ini, cocok buat jd pendamping hidup saya?" 2. bab 2 mengumpulkan ilmu terkait ttg bgmn mengelola perasaan tsb, ttg bgmn cara menuju pernikahan, pake ilmu rek! ilmu! jgn modal cinta buta doang (ini bisa sebelum atau sesudah no 1 sih sebenernya)

3. bab 3, buat instrumen2 penelitian, krn kita disini mau mencari kesimpulan dr rumusan masalah yg udah kita buat di bab 1, nah di bab 3 ini susun strategi2 cara pengambilan data nya, gmn caranya agar data2 yg kita peroleh itu valid, dgn triagulasi data kah, dsb (pikir sendiri aja rek...tiap orang punya konteks sendiri2)

okeh, ketika siap instrumen2nya, kita kan dah tau data apa aja yg hrs kita cari, dst.. maka masuklah ke Bab 4. tahap cari Data NAAAAH!!!! cari datanya untuk jawab RM di bab 1, bukan rm gimana caranya agar si ybs jd suka ke kita, beda loh ini! paham ga????!!! klo ga paham, fatal loh ini! udah kelapangan, eh... data yg di ambil salah,,, ke tahap analisa, apalagi kesimpulannya, ya pasti salah atuh! itu hukum universalnya! jd klo misal bab 4 ini kita nyari data ttg apakah ybs cocok jd pacar atau istri kita, nah, gak perlu acara ngajak makan, atau nanya tiap hari udah makan apa belum, bilang puji2an, puisi dsb yg itu lebih cocok di gunakan kalau tujuan yg kamu lakukan itu di tahap hendak menumbuhkan rasa ke ybs.

terakhir, bab 5, kesimpulan. nah disini kita pasti kan dah dalem tuh tau data2nya si ybs cocok jd pendamping hidup buat kita apa engga, maka jawabannya ada 2 potensi, 1. ya dia cocok jd pasangan saya, sy cinta sama dia, dan pertimbangan rasional pun dgn dia sy akan bangun keluarga yg mashlahat, jd keluarga pejuang, keluarga yg langgeng sampai akhir nanti, dia adalah orangnya, satu2nya, untuk dunia dan akhirat sy.

 

Lalu, ada jawaban opsi 2. dia bukan spt yg aku bayangkan di bab1, aku dulu suka/cinta dia dgn harapan x, ternyata ybs berbeda spt yg aku harapkan, dan tidak sesuai dgn variabel2 yg udah aku petakan. Dua opsi jawaban itu masing2 ada konsekuensinya.

dr sini, masuk tahap selanjutnya, muncul masalah baru

untuk opsi 1, ada 2 kemungkinan kondisi, dlm interaksi ketika bab 4 di lakukan, asumsinya, tetap ya di bab 4 klo si peneliti itu punya mental peneliti yg baik, dia berusaha tdk membocorkan maksud dia, dia ga ketauan maksudnya dia sebenarnya sedang menarget si ybs. Tapi, bisa jd, namanya interaksi, mungkin antar ke 2 belah pihak saling jd lebih mengerti, paham, dan mungkin tumbuh cinta secara alamiah, bukan ada paksaan loh ya ini, natural. Nah kita yakin klo si ybs juga suka balik ke kita, mungkin ada sinyal2 tertentu... waaah... alhamdulillah, lebih mudah ini, kalau kita yakin 50% keatas dia juga suka balik, ya tembak, bisa ke tahap pacaran selanjutnya (maknanya mungkin ya taaruf, nah disini tinggal meneruskan bab 4 yg tadi, bedanya, di tahap ini udah saling tau sama tahu, saling mencintai satu sama lain, data dilengkapi, nah disini baru boleh mungkin saling meningkatkan atau menumbuhkan, menyuburkan rasa cinta itu, agar lebih mantap nanti waktu menikah)

tapi kalau misal, kita ga 50% yakin dia suka balik ke kita atau engga, maka perlulah ada usaha membuat dia suka ke kita, jd disini, memberi puisi, ngajak jalan dsb, walaupun bukan pacaran, yah istilahnya pdkt tapi udah dlm maksud agar dia juga suka ke kita, it's oke, kan hrs usaha juga, tapi ini bukan spt tipe2 cowo pengecut kan akhirnya, krn memang dia menumbuhkan cinta di ybs, krn dia mau nembak dia, mau taaruf/pacaran nantinya, mau memperistri. bukan krn tebar jarign yg udah aku jelasin panjang lebar tadi. dan semisal mantap, ya ungkapkan, ojo meneng wae rek, soalnya cewe ga bisa nebak isi hati kamu spt apa, kalo km ga jelas ngomongnya. mereka juga butuh kepastian. biar dia jg ngasih jawaban yg pasti juga. nah semisal waktu kita nembak, si cewe bilang "kita jalani dulu aja" itu maknanya berarti si cewe blm selesai tahap pemetaannya, di butuh data ttg kamu lebih dalam, ya kamu ga usah jd ga sabaran, anggep si cewe php, km bisa coba jd lebih terbuka, ya ngalir aja, natural, ga usah km tunjukan sisi baik doang, atau jd bertopeng, si cewe juga butuh data yg valid. nah nanti akhirnya semisal 1 tahun kemudia, si cewe ngasih jawaban ya/tdknya, ya kamu harus terima kenyataan itu. kalau jawaban nya tdk, ya jgn jd frustasi atau jd marah ga jelas, trus jd musuhin si cewe, kan si cewe juga selama ini masih bab 4 toh,,, bukan bab 5. si cewe jg ga dlm rangka menspesialkan kamu, dia cuma nyari data. (nah cewe2 hati2 ya.. jgn ngasih harepan tinggi jg klo km belum nemu bab 5 nya)

trus gmn klo kesimpulan bab 5 kita ternyata "dia bukan untukku, dia ga cocok sm aku, perasaan yg ada di bab1, udah berbeda, aku ga merasakan cinta yg sama, aku malah merasa bosan, merasa ilfil, risih atau pokoknya ga match lah sama ybs" nah.... ya udah ga usah di ungkapkan kalau kita pernah narget ybs, dan ybs itu ga cocok. ntar jd sakit hati, ya udah interaksi selama dr mulai bab1-4 sblmnya itu ya sbg teman dekat, sahabat atau teman biasanya aja, krn kan kita dr awal ga ada tuh cara2 yg mengkode2, menspesialkan ybs.

mentraktirlah, ngajak jalan lah, dan pembangunan dimensi2 perasaan lainnya. sehingga, ketika kita tdk jadi nembak dia, ya kan krn kesimpulannya dia itu bukan orangnya, ya dia juga lempeng2 ae, ga merasa tersakiti atau apa. krn ybs ga tau kalau kita dulu pernah menaruh separuh hati kita padanya. bahkan yg tau cuma Tuhan saja. jadi malah temen yg baik sampai kedepannya.

Spt papah aku dan teman perempuannya dulu, bahkan sampe mereka menikah dgn orang lain, masing2 punya anak, jalinan persahabatan tetap jalan. aku bahkan pernah di kasih souvenir dr negaranya krn dia tinggalnya di luar negri, bahkan dia jd salah satu inspirasiku, kita follow2an di IG, tuh,,, kan enak. temen perempuan ayahku ga pernah ngusik rumah tangga ayah dan ibuku, ga jd dendam knp nikahnya sama ibu aku, engga... krn mereka dulu pola interaksinya mashlahat, ga jd toxic spt anak2 muda jaman sekarang.

Okeh, balik lagi

Perlu di tekankan, tahap bab 4 knp sebaiknya jgn ketauan ada maksud bahwa kita sebenernya suka sm ybs, dan interaksi ini aslinya mah bukan interaksi biasa, melainkan sedang proses penelitian untuk mencari jawaban RM di bab 1, knp coba?

AGAR DATANYA VALID!

Ga terdistorsi kepentingan, ingin segera memiliki, ga bawa2 asumsi awal klo kita itu suka. Krn kalau begitu, ada potensi, datanya ga valid, dia melebih2kan krn ingin kita jawaban 1 di bab 5, atau di kurang2i krn ingin jawaban 2 di bab 5 dlm penelitian kita. Paham kaaan?

Reeeek....! Skripsi juga kita butuh waktu berbulan2, bahkan bertaun2 untuk sampe ke bab 5, hrs di revisi berulang2 kali, ketemu dosbing, dsb... Perlu energi , pikiran, dan segala sumber daya. Apalagi masalah perjodohan ini, krn cuma 1 kali rek! Kalau udah nikah, eh ternyata salah, masa ada remidinya, revisinya kesimpulannya aku salah pilih istri, aku ceraikan, cari lagi. Beres. Wokeh... Kalau memang cerai itu satu2 nya jln, krn udah bener2 ga bisa di perbaiki, mungkin ga papa... Tp kan ga sesederhana itu juga ya... Apalagi klo udah punya anak, klo anaknya kuat, alhamdulillah... Kalau dia ga bisa menerima kenyataan dgn bijak, salah2 dia jd korban atas proses penelitian perjodohan ayah dan ibunya dulu. (atau parahnya ga meneliti, asal nyimpulin doang tanpa ada pertanggung jawaban)

Ayolah, kita kan udah pd dewasa, bukan lg ky anak2 remaja yg dlm memutuskan suatu perkara tanpa berpikir jangka panjang. Maka selayaknya, kita hrs lebih bijaksana. Kan kita juga sekolah, kan dah di ajarin sm guru2 kita ttg tahap2 penelitian, ttg pembuatan makalah ilmiah, nah itu. Berpikir ilmiah ga sesempit hanya di gunakan di bangku sekolah/kuliah, ga hanya di atas kertas/laptop. Tp justru penting untuk kita terapkan dlm kehidupan sehari2. Agar hasil merasa, hasil berpikir, hasil bertindak kita, bisa di pertanggung jawabkan dgn baik. Kan kita udah punya alatnya rek, akal.

Yg membedakan kita, dgn hewan, setan, malaikat, krn kita punya akal. Maka sgt sesuai kalau Allah mengatakan bahwa orang yg berilmu lebih tinggi derajatnya. Bahkan dlm Al-quran, banyak seruan untuk berpikir, memahami. Ayat pertama loh itu IQRA. Ya, membaca, gunakan akal pikiran kita untuk membaca realitas alam, sosial dan ayat2Nya, baik tersurat maupun yg tersirat. Agar kita senantiasa menjaga keseimbangan, agar tau dan paham sebenarnya tujuan hidup kita itu apa?

 


#writingformentalhealth
#SalamSehatJiwa #kolaboraksi
#healingjourney #SelfAwareness #selflovetips

Comments

Popular posts from this blog

Kangen Uwa

Hobi Belanja

Penyaluran EMOSI