Kisah Bapak Candil

 

Tadi di jalan, di perempatan ke 9 air biru-air merah bandung (baca:cibiru- cibeurem hehe) ada bapak2, agak kurus, rambutnya udah agak beruban, tp masih keliatan segar bugar sehat gitu, badannya agak kurus, tp tegap dan tinggi. Dia mendorong gerobak, jualan bubur sumsum, ada candil juga (jadi engeen) nah dia pake atasan kaos krem, celana bahan warna hitam, sendalnya sendal capit warna hitam dr karet sptnya, trus dia pake topi gitu... Dia lg ngadodorong gerobak jualannya itu di kanan jalan, mengarah ke arah timur.

Mungkin si Bapak mau berangkat berkarya, menjajakan jualanny, mempraktekan mata kuliah interpersonal selling ke rumah rumah di sekitaran Bacip, mungkin... Eh... Trus ada elep dr lawan arah, memang sie seharusnya kan ini arahnya ke barat jalannya, si bapak malah ke timur... Nah di elep ini lewatin si bapak itu, kondisi jalan gurinjal gurinjul, bolong2 gitu... Tp Elep pake kecepatan yg agak tinggi.

Dan kalian tau apa yg terjadi??! Elep berhasil melewati si bapak dgn mulus, nyantai aja lewat... Tp si elep ga nyadar ada air di bolongan jalan itu.... Daaan.... Air warna hitam kecoklatan itu nyebor si Bapak. Baju kremnya jadi ada pola2 artistik warna hitam kecoklatan gitu.

Wah respon pertamaku kalau jadi bapaknya gmn coba? "(bahasa kasar) ai maneh teu ngadeuleu aya aing? Naha bet kekebutan? Baju aing jadi bobolokot, nyaho aing rek gawe!" yah intinya mengumpat knp kok elep itu ga hati2 jalannya.. Ajaibnya, si bapak cuma menoleh ke arah elep tsb, tersenyum melihat bajunya jd pola artistik. Dia mengelap bajunya, dan dia berjalan membawa gerobaknya kembali ke arah barat, menunda dulu perjalanan ke arah timur.(mungkin dia mau ganti baju dulu)

Bapak2 itu sayangnya aku ga bisa turun dari motor, menanyakan namanya, aku antar ke rumahnya untuk segera ganti baju, gerobak titip dulu ke ibu warung disitu. Biar waktu dia berkarya ga terbuang lebih untuk ganti baju. Aku jg ga sempat tau dia rumah nya dmn, kalau aku tau aku kapan2 ingin nganjang, ingin main ke sana... Mau cerita2, pasti dia bisa ngasih pembelajaran besar ttg bgmn merespon DUNIA.

 

Bgmn dia introspeksi, bahwa dia pun ada keliru krn lawan arah tadi kan... Bgmn dia menghargai bus elep itu, bgmn pun, terlepas dr kecerobohan supir itu, barankali Bapak menghargai, melihat fakta kalau elep itu kan besar, mungkin ga terlalu bisa fokus ke objek di dekatnya, dan dia juga mungkin ga sadar ada kubangan air hitam kecoklatan itu (yg sekarang jd tinta penghias baju si Bapak - yah walaupun tetep hrs di bersihkan sie-) Bapak penjual bubur sumsum candil ini mengajarkan seburuk atau sebaik apapun DUNIA, maksudnya bgmnpun stimulus2, fakta2 di lingkungan, di luar diri kita, sebenarnya yg menjadikan diri kita adl bgmn kita mau mengendalikan diri kita, mau punya persepsi, sudut pandang, pikiran, perasaan dan respon yg spt apa lah yg menjadikan diri kita thdp stimukus tsb. Sehingga tdk benar kalau lingkungan misal buruk, akan 100% kita pasti buruk juga. Memang ada pengaruhnya yah lingkungan, orang lain itu. Tp tetep freewillnya di kita, kuta yg menentukan sikap. Sehingga tdk bisa ketika kita melakukan kesalahan, malah kita yg menyalahkan lingkungan misal dgn kalimat2 "ah ini mah gara2 dulu temanku begini, orangtua ku begini, gara2 bisikan setan, atau gara2 pemerintah nih aku begini" hellloooow... Please yg nanti di mintai pertanggungjawaban siapa sih? Ya elu sendiri! Bahkan setan pun yg jelas2 menghasut kitra, dia ogah loh jd kambing hitam dan di salahkan sama kita. (asa ada si AQ pembahasan ttg ini, cuma aku suka lupa surat dan ayat brp, yg tau, mangga komen atau dm ke aku, bantu yah.. Hehe tp ga maksa sie)
Okeh gitu aja... Semoga hari ini kita bisa memaknai semua kejadian, semua perustiwa sbg pembelajaran yg bisa kita ambil. Krn masa pensiun nya manusia dr belajar adl nanti waktu nyawa kita sudah di kerongkongam, ketika tubuh kita sudah di liang lahat. So... Mumpung masih ada waktu.. Semangat berkarya nya ya! Ganbatte! Allah beserta hamba2nya yg bersyukur dan berprasangka baik pada Nya. BismiLlah!

Comments

Popular posts from this blog

Kangen Uwa

Hobi Belanja

Penyaluran EMOSI