Kirinyuh

 

"Aku sering kau lewati begitu saja, tanpa kau tahu manfaatnya, kadang kau buang kau hancurkan kau buat aku ini seakan tiada artinya. Kau bahkan tidak tahu artinya hidupku ini untukmu, padahal aku ada untuk dirimu. Wahai Manusia mau kah kau membaca arti semua ini, arti dari aku ada? Dapatkah kau berpikir dan bisa mengolahku sehingga timbul keseimbangan dalam tubuh dan jiwamu? Aku ini, ya aku ini si rumput liar yang kau tidak pedulikan, yang bahkan kau tahu namanya pun tidak, sedari dulu senantiasa memiliki kandungan yang begitu besar manfaatnya untukmu, kamu mau tahu? Aku lah Pegagan, ingin tahu dan kenal lebih dekat denganku? Mari lanjukan membacanya ya Kawan...." Pegagan, atau kata bu Rosita/Bu Edah (guru buologi ku di sma) di bab Sistem Binomial Nomenclature disebut (Centella asiatica) adalah tanaman liar yang sering tumbuh si kebun-kebun, di sawah, di jalanan sekitar kita, bentuknya hampir seperti telapak kaki kuda makanya biasanya ada yang menyebutnya daun kaki kuda, kalau di sunda di sebut antanan, dan banyak nama lainnya yang berbeda di tiap daerah.

Tahukah Kawan ternyata pegagan ini berdasarkan penelitian ilmiah yang sudah di lakukan, ia mengandung asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Diduga glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Waw keren kan? Kita bahkan baru dengar nama kandungan-kandungan itu ya...


Pegagan ini ternyata banyak manfaat nya ya, selain yang di sebutkan di atas, pegagan bisa membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing (diuretika), penurun panas (antipiretika), menghentikan pendarahan (haemostatika), meningkatkan syaraf memori, anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan. Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid). Manfaat pegagan lainnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki; mencegah varises dan salah urat; meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh; serta menurunkan gejala stres dan depresi. Dan bahkan pegagan ini bisa menghilangkan jerawat juga lho!
Cara mengonsumsinya bisa di lalab, karena rasanya manis, atau di keringkan di minum airnya, atau bisa juga di jadikan salep. Mudah kan? Mudah di cari, praktis lagi di konsumsi.

Nah kawan, seperti curhatan di awal, hikmahnya adalah kita perlu melakukan pengamatan melihat lebih dekat lingkungan sekitar kita, ternyata banyak hal-hal yang mungkin kita lewatkan padahal manfaatnya sangat luarbiasa besar. Belajarlah untuk “Iqro” karena hal itu bentuk kita bersyukur pada Allah, karena kita pelajari tanda-tanda kebesaran-Nya, kita jadi tahu manfaat-manfaatnya, kita bisa optimalkan dan nikmat-Nya pun akan senantiasa turun kepada kita semua.

lainsyakartum laaziidannakum walainkarfartum inna ‘adzaabii lasyadid” jika kalian bersyukur pasti akan Aku tambah ni’mat-Ku padamu tetapi jika kalian kufur sesungguhnya adzab-Ku amat pedih”. (QS 14:7)

Gambar mah dr google, tp klo yg asli ada intsastoryku pagi ini (2 april 18)
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pegagan

#writingformentalhealth
#SalamSehatJiwa #kolaboraksi
#healingjourney #SelfAwareness #selflovetips #selfcare #selftrust #selfhealing #selflove #writingtherapy #menulisekspresif #journaling #sahabat #temancerita #petualangan #quran #muslim #dakwah

Comments

Popular posts from this blog

Kangen Uwa

Hobi Belanja

Penyaluran EMOSI