Penyaluran EMOSI

 

Cara penyaluran emosi yg baik. Dampak yg muncul justru positif, bkn hanya untuk dia, tp untuk oranglain dan lingkungan pd umumnya.

Bapak itu sgt "menamparku", ketika sy emosi, di kepala banyak yg "bicara" coba cari solusi efektif yg jg memberikan dampak n manfaat baik.

Kadang, sy masih saja refleknya itu cerita.. Cerita..cerita.. Curhat, yg pakai tameng "ini kan bentuk terapi katarsis". Iya sih, Kadang suka ada perasaan ingin bisa di dengarkan, mengeluarkan unek2, biar ga jadi beban sendiri, biar ga terus memendam yg lama2 bisa jd meledak.

Hm... Tp Ternyata yg sy lakukan selama ini ada kelirunya, krn hanya sekedar mengeluh. Yg sebenarnya mungkin alamiahnya manusia ga suka kalau sering2 dengar keluhan, bawa hana negatif. Ya? Krn biasanya kalau sy cerita, ke banyakan pada ilfeel atau marah.
Sy memang cerita habis itu jd tenang, stabil, terekspresikan. Tp dampaknya, orang yg denger cerita kita terambil waktunya, pikiran, energi, fokusnya, padahal lebih baik digunakan waktu dan ke fokusannya pd hal2 penting, spt peran, karya dan karir. Dan lg pula orla jg sudah punya masalah masing2, ga perlu lah bagi2 dan nambah masalah lagi. Krn bg orang lain bisa jd Mengeluarkan energi ke hal2 pinggiran, apalagi bukan urusannya, membuat tdk produktif, menjadi sebuah kesia siaan, ke mudhorotan.

Jd kadang bukan sy orangnya ga mau punya teman dekat, atau teman yg bisa cerita dalam ttg masalah pribadi, bukan juga orang yg ansos, tp justru sy menghormati privasi teman2, sy ga mau jd beban dan penganggu, yg sering ngoceh, banyak cerita, yg ga jelas RM dan struktur kerangka bicaranya.

Sy justru lebih hati2 untuk bisa mempercayakan pertemanan sy. Krn kalau tdk hati2, malah membuat banyak orang ga nyaman dgn sy. Dan akan lebih banyak kemudhorotan. Baik bg sy, apalagi oranglain.

Tp kalau ada yg mau cerita2 ke sy, selama sy ada waktu, energi, dan sesuai kapasitasnya yo monggo ae rek.

Dan dr dulu di tanamkan untuk jd pribadi mandiri, klo susah, kan bisa cari referensi2 pemecahan masalah yg sesuai, nah selama solusi kita secara objektif bisa selesai tanpa ngerepotin orang lain, knp hrs tergantung sm orla? Kecuali udah stuck, kita hrs dong cari bantuan yg ahli, profesional di bidangnya yg sesuai dgn konteks permasalahan kita. Kadang sy suka lucu sm sy sendiri, misal ada bingung ttg karir, tp nanyanya sm yg sama2 bingung ttg karir. Ya seharusnya kembali ke ahli dong. Jgn2 dr awal motifnya bukan cari solusi, tp curhat caper doang.. Hadeeuh... Kdg knp ya refleksnya itu sy anggep ini complicated. Padahal sederhana.
Cara ekspresikan diri kan bisa dgn etis sampaikan dgn karya juga spt cerpen, puisi, lagu, tulisan, lukisan, dsb... Ky di gambar diatas, itu tulisan taun 2005, waktu umur 8 tahun, anak kecil bikin cerpen sad ending ky gitu.😅 Intinya jgn sampe niatnya menyelesaikan masalah, malah nambah masalah berkali2 lipat, apalagi melibatkan oranglain, yg dia enggan untuk terlibat dan dilibatkan.

Toh kita ga bisa kontrol kemauan dan kempuan oranglain jg kan. So fokus aja ke hal2 yg bisa kita kendalikan.

Sptnya banyak yg bisa di kritisi dr pendapat ku ini, gpp mangga, open aja. Sy jg masih bingung konsep benarnya gmn. Sy bukan tipe orang yg Ashobiah jg, jd ga papa opini, asal santun.

Take it easy guys.

9-9-19

Comments

Popular posts from this blog

Kangen Uwa

Hobi Belanja