Belas Kasihan

 

Nih ya... ky orang2 yg merasa ga tega atau kasihan sm kondisi aku, aku ga suka, aku tersinggung. Aku ga pernah ada niatan ingin jd atensi atau bahkan parahnya jd beban pikiran satu orang pun.

Ya memang aku penyandang disabilitas, aku odb, bipolar tipe 2 survivor. Tp aku bukan orang yg ingin dikasihani.

Bukan orang yg hrs membuat seseorang berpikir beberapa kali secara berlebihan untuk memilih kata atau mengambil sikap thdp sy.

Sy jg bukan orang yg menjadikan seseorang menjadi pribadi yg berbeda ketika berhadapan dgn sy, memakai topeng lainnya yg dipaksakan dikenakan krn hrs menghadapi orang - mungkin kalian anggap- penyakitan spt sy.

Sy ingin di anggap spt manusia normal lainnya, di perlakukan sewajarnya, setara. Bukan diperlakukam khusus krn kondisi kejiwaan sy.
Dan, ini ya.. Sy tekankan berulang ulang kali... yg ga pernah konsul ke dokter, ga pernah di diagnosis klinis bahwa kalian ODB atau gangguan jiwa lainnya, jgn ingin malah dikasihani, di perlakukan khusus, di beri atensi lebih, Ga enak tau! Apalagi cara kalian dgn cara2 extrime, mau2nya jd ODB palsu yg melakukan tindakan2 insecure, irrasional demi sensasi (pura2 pake acara selfharm misalnya.. Dsj)
Klo kalian merasa ada gelaja yg sama spt yg kalian browsing di internet, atau baca status n postingan orang.. Cek deh ke yang ahli. Asa sering ngomong cek ke yg ahli berulang kali sy teh.. Tp teuing tah paham ato engga nya mah. Da ga hrs malu atuh ke psikiater teh.. Emang knp klo ke psikiater? Emang orang sakit gigi ke dokter gigi hrs malu? Orang sakit telinga ke dokter tht malu? Ya sama aja.. Kita kan butuh bantuan kesehatan jiwa, ya ke poli jiwa.. Masa ke poli jantung... Takut apa sih? Orang2 bakal anggep kita orang gila, orang penyakitan, dsb..aah sumangga kumaha karep. Biarin orang mau ngatain gmn. Yg penting objektifnya kita cari pertolongan untuk diri kita sendiri, dan rasionalnya ya hrs sm yg profesional, krn suatu perkara tdk di serahkan pd ahlinya, maka tunggulah bencana akan datang padanya. Asa pernah denger hadist atau qoutes senada ini jg deh kayaknya.

Tp bukan berarti aku jg jd nutup diri, ga suka ada orang yg peduli sm aku, mikirin aku, mau bantu aku. Aku bersyukur malah... Dan itu asa ky sebuah miracle bgt bg aku. Ya senang. Krn aku rasa ya jarang ada orang spt itu. Dan kalian yg menaruh atensi sm aku, peduli sm aku kan itu freewill kalian. Aku ga minta sejak awal. GA PERNAH MINTA, GA PERNAH NGEMIS.

Tp setelah kalian yg memulai ambil resiko untuk kenal dan tau ttg sy, pd akhirnya kalian ngeluh, merasa terbebani, tertekan, stress gara2 kesedot atensi sm ulah2 pikiran, perasaan dan perilaku sy. Nah itu kalian akhirnya nyalahin sy. (ini cuma persepsi aku aja mungkin) kalian jd kesel, marah, ga nerima dan akhirnya bersikap seakan2 ga pernah kontak sm sy. Waw.. Hebat sekali ya manusia itu. Bisa mengangkat seseorang lalu menghempaskan sejatuh2nya. Ah lebay aja akunya hehe.

Tp iya sih... Salah aku jg yg salah menangkap maksud, salah berekspektasi.

Mereka bukan mau ambil resiko kenal sm sy, tp cuma KASIHAN, atau PENASARAN, jd tanya2 aja... Yah iseng2 lah ya... G mikirin tuh dampaknya gmn. Tp memang ga ada dampak negatif yg signifikan sih, cuma si akunya aja yg dramaqueen dlm negri khayalan fana... Nah itu, ekspektasi dan cara penangkapan akan realitas di akunya yg hrs aku kendalikan. Sekali lagi orang lain ga bisa aku kendalikan. Yah.. Aku nerima, akhirnya aku yg salah, ya yg pantas di salahkan ya siapa lg kalau bukan aku sendiri yg HALU. (jd aku SGT TDK SETUJU dgn statement bahwa perempuan selalu benar, oke lah klo semua perempuan benar, tp aku terkecualikan ya.. Tolong di garis bawahi)
Ayo, kembali ke dunia nyata!
Ini nyambung sm postingan aku ttg Dylan taun lalu, ada kok di postingan sblmnya bisa di scroll ke bawah..

Comments

Popular posts from this blog

Kangen Uwa

Hobi Belanja

Penyaluran EMOSI