CAREGIVER

 

Apa itu? Apa fungsinya? Apa caregiver itu sama spt perawat di rumah sakit? Hm..sbg status, maka apa hak dan kewajibannya? Apa syarat2 jd caregiver? Apa resiko nya? Apakah iya selalu ODB hrs ada caregivernya? Apa hrs keluarga, teman dekat, atau boleh orang selewat? Apa hrs teman offline? Boleh gak teman online? Apa hrs teman nyata atau boleh teman bayangan?
Selintingan kudengar, kubaca intinya itu (sumber dr tribun jabar 14-8-17 putri puspita), jd caregiver itu TIDAK MUDAH, krn hrs mengeluarkan energy lebih, hrs punya kesabaran yg TINGGI, hrs siap melakukan 5 hal ini
1.jd teman curhat
2.respect dgn kondisi ODB
3. bantu memanage hidup
4.berikan perhatian
5. jgn tinggalkan ODB

Wiih… aku bacanya kok ngeri ya… aku misal bukan ODB, aku klo jd Dayah atau temanku yg tdnya ingin jd caregiver, pasti pikir beribu kali untuk menyanggupi jd caregiver. Pasti takut dan ragu untuk bisa memenuhi tuntutan beban sbg caregiver spt itu. Bisa ga yah aku jd caregiver yg se sabar itu, bukan aku ga peduli, tp aku ga sanggup. Sebaiknya ODB ditangani oleh ahli, lg pula aku orang yg blak2an, to the point, ga terlalu psikom, ga pandai merangkai kata2 mutiara yg indah untuk si ODB, jd klo ada yg nanya aku bisa jd caregiver ato engaaa, tegas jawabannya: Maaf, Tidak Bisa!

Satu sisi.. Dari situ sebenernya aku (rohmah) jd kapok menanyakan dan mengasumsikan akan ada orang yg bisa atau mau atau minimal sekedar ada niatan lah jd caregiver bg aku. Dan tiap mengajukan dan memikirkan pertanyaan2 hal2 ini, aku mesti refleksnya gak ilmiah, jd mengeneralisir, sampe over thingking, keeemana mana. Hadeeeuhhh. Kata orang mah jd Lebay, Drama Queen dan senada dgn nya... Aku jd suka overthingking, Iya ya bner…ga ada yg bisa nerima aku. Siapa jg yg mau ngurusin orang “penyakitan” ky aku. Hah…suka doktrin, bikin posting, status2 halu ttg “penyakit” mu itu adl “anugrah”. Apanya yg anugrah. Ini tu, faktanya bencana! Ya..bencana bg orang lain. Krn dr sikap kamu itu, buat orang lain risih, ga nyaman, kesal, sampe program2 ga jalan (spt kasus ga jd tampil waktu itu, ckck) ga komitmen, ga konsisten.
Padahal Cuma nyari caregiver doang loh ini! (Maaf nih jd curhat wkwk) ya, Cuma sederhananya teman yg mau denger cerita aja, caregiver. Bukan nyari jodoh, pasangan, belahan jiwa atau apalah sebutannya itu. Haha. BUKAN! tdk dlm rangka menyebar aura pesimistik ya ini. Ya memang aku hrs ngaca dong. Refleksi diri, sadar diri lah, ada di level mana. Orang tuh nyari pendamping hidup, bukan Dokter yg lg nyari pasien, mereka mau bangun rumah tangga, bukan Rumah Sakit Jiwa.

Ah, sy mah santuy aja. Klo ditanya orang dgn pertanyaan klasik spt biasa, yah jawabannya Masih jauh lah… dan ga berekspektasi tinggi ada satu orang yg sial hrs terpaksa membimbing aku ke arah sana. Krn aku yakin, aku bisa mandiri (bukan asosial ya tp, semoga aja) dan nyatanya selama ini baik2 aja. Prinsipnya –spt yg sering aku bilang- klo ga selesai sendiri, cari reverensi yg relevan, Tanya ahli professional yg bisa ngasih solusi.
Dan lagian nih ya.. aku sebenernya GAK SEPENUHNYA SETUJU sm definisi dan penjelasan mengenai caregiver spt di ceritakan di berbagai artikel di internet itu.
Menurutku, (yg bukan ahli psikologi, yg ga ngerti caregiver itu seharusnya gmn) Sptnya ada salah paham asumsi caregiver
Padahal caregiver itu bukan pengasuh yg hrs banyak waktu untuk ODB. (Orang Dengan Bipolar)

Ga hrs jaga setiap kata2 yg keluar, ga harus jaga image biar si ODB ga sakit hati atau kambuh.
Krn kalau caregiver itu orangnya selalu meladeni ODB dgn sgt hati2, pake perasaan yg hrs selalu seakan2 menyenangkan ODB, tdk pakai rasional mengembalikan ODB pd kehidupan nyata. Malah caregiver itu bahaya, krn membawa ODB pd halusinasinya yg menginginkan semua orang "baik" selalu menuruti kemauan ODB. Justru ODB hrs ditunjukan pd dunia nyata dia hrs fight, hrs tangguh, hrs jadi Patriot, berjuang melawan halusinasi2nya yg mengharapkan dunia selalu ada untuk nya, selalu lembut pdnya.

Contoh, babysitter, klo si bayinya selalu dituruti keinginannya, bayinya nanti ke depan bakal jd anak yg selalu menuntut pd dunia semua hrs tunduk pdny. Kan justru salah. "jika kau berlaku keras pada dirimu, maka dunia akan berlaku lembut kepadamu.. "
-Andrie Wongso-

Sehingga, untuk menenangkan diri… boleh kan aku memaknai semua orang (tanpa hrs ada “akad” atau secara lisan/tulisan mereka bilang “ya, sy yg bertanda tangan di bawah ini menyatakan bersedia menjadi caregiver") wkwkw… Gausah.. ga kaku gitu jg kali caranya.
Di mulai dari Mindset aku sendiri aja. Kita kan spt yg udah di sampein sblnya, aku ga bisa control pikiran, persepsi dan perilaku orla, siapa gw… mereka kan punya freewill masing2. Aku atur mindset aku sendiri, aku anggap mereka itu sebenernya ya caregiver juga, mereka dgn cara dan konteks masing2 memberi pengondisian pd kita, membangunkan kita agar stay di dunia nyata. Menyadarkan kita bahwa dunia ga selalu spt apa yg kita impikan. Misal, ada orang yg bilang “apaan sih nyanyinya ky maksa bgt” bisa aku terjemahkan maksud beliau adl mau mengomentari agar suara kita kalau nyanyi tolong di control biar lebih bagus lagi. Bgmn pun niat orang itu, bukan urusanku. Yg penting aku ambil sisi positifnya. Krn aku yakin ga semata2 Tuhan mempertemukan kita dgn berbagai macam karakter orang kalau ga ada maksud baik di dalamnya (tp klo mereka misal objektifnya udah parah membahayakan kita, ya cari system perlindungan yg ga merugikan diri dong)
So, jd kejadian ini aku sadar, aku ga perlu bergantung sama 1 atau 2 orang yg mereka sendiri ga bisa dan ga mampu (atau ga mau, ga sudi) nanganin kita.
Memang, hrs merogoh kocek lebih dalam, hrs nabung dan make tabungan untuk ke dokter beserta obat2 nya, kalau aku mau pulih.
Oh ya ada yg bilang, Maha Caregiver itu Allah, dan Itu udah lebih dari cukup untukku.

So,,, buat apa bersedih? Sedangkan Tuhan selalu menyertai kita?. 20-9-19
Biasa, foto dr google

#writingformentalhealth
#salamsehatjiwa
@bipolarcareindonesia.bandung
#writingformentalhealth
#SalamSehatJiwa #kolaboraksi
#healingjourney #SelfAwareness #selflovetips #selfcare #selftrust #selfhealing #selflove #writingtherapy #menulisekspresif #journaling

Tong Sampah.

Comments

Popular posts from this blog

Kangen Uwa

Hobi Belanja

Penyaluran EMOSI